Istilah 3D dalam Percetakan

Istilah 3D juga digunakan dalam percetakan




Berita Satu
MERDEKA.COM, Selain digunakan dalam perfilman, istilah 3D juga muncul dalam industri percetakan. Meski begitu, pengartiannya pun jadi lain.
Percetakan 3D sendiri lebih kepada upaya untuk menghasilkan replika sebuah benda yang mirip dengan benda aslinya secara otomatis. Oleh karenanya, diperlukan sebuah mesin pencetak atau printer dalam bahasa awam.
Printer 3D pertama kali ditemukan oleh Charles Hull. Namun, penggunaannya secara sempurna baru terjadi pada 1981 oleh Hideo Kodama.
Setelahnya, nama mesin pencetak 3D sempat turun hingga akhirnya kembali mengemuka di millenium baru ini. Hal ini tak lain karena semakin pesatnya perkembangan mesin cetak ini dan semakin luasnya area penerapan.
Printer tiga dimensi biasanya menggunakan sebuah gulungan akrilik, ABS, atau besi sebagai bahan baku untuk membuat replika. Dengan sebuah software khusus, seperti CAD, printer kemudian melelehkan bahan-bahan tersebut untuk dijadikan sebagai objek replika.
Objek replika ini kemudian dibentuk dengan sinar laser supaya mengikuti model yang diberikan. maka, jika modelnya dibuat dengan detail, maka objek replika yang dihasilkan pun akan terbentuk dengan detail tersebut.
Saat ini, sudah banyak penerapan dari printer 3D ini dalam kehidupan sehari-hari, mulai untuk penciptaan senjata, mainan, atau replika lainnya hingga organ cangkok. Bahkan, NASA pun tertarik untuk mengembangkan teknologi ini guna membuat printer 3D yang mampu mencetak pizza dengan sekejap.
Sayangnya, mesin cetak ini sendiri tak dijual bebas mengingat harganya yang cukup mahal. Diperkirakan, untuk satu unit printer 3D dengan spesifikasi rumah tangga, dihargai sekitar USD 1.000 atau sekitar Rp 9,7 juta rupiah.


Dari berbagai sumber
Sumber: Merdeka.com

Alamat percetakan di malang: 
Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi kami di :
Telp.                 : 085100 137917 , 0823 3444 8080 , 08569 3245 770
Whatsapp/ Line  : 08569 3245 770
Pin BB               : 7d0b1269
Email                : info@wahidjaya.com
Alamat                   : Jl. LA. Sucipto Gang 22 A No. 7 Blimbing - Malang
Di Malang di surabaya di jakarta di bandung di solo di jember di madiun di kediri di ponorogo di pasuruan di bangil di probolinggo di besuki di situbondo di bondowoso di lumajang di banyuwangi di trenggalek di blitar di kediri di jombang di gresik di sidoarjo di pamekasan di sampang di nganjuk di tulungagung di ngawi kepanjen lamongan bangkalan sumenep sumatera banda aceh Nias Samosir Tapanuli Binjai Medan Bengkulu Jambi Riau Pekanbaru Mentawai Bukittinggi Padang Sawahlunto Palembang Lampung Metro Bangka Belitung Pangkal Pinang Riau Bintan Karimun Batam Tanjung Pinang Jawa Banten Tangerang Cilegon Serang Jawa Barat Bandung Bekasi Bogor Cirebon Garut Majalengka Purwakarta Sukabumi Sumedang Tasikmalaya DKI Jakarta Kepulauan Seribu Jawa Tengah Demak Jepara Magelang Pati Pekalongan Purbalingga, Semarang Salatiga Surakarta Bangkalan Banyuwangi Blitar Bojonegoro Bondowoso Gresik Jember Jombang Kediri Lamongan Lumajang Madiun Magetan Malang Kepanjen Mojokerto Nganjuk Ngawi Pacitan Pamekasan Pasuruan Ponorogo Probolinggo Sampang Sidoarjo Situbondo Sumenep Trenggalek Tuban Tulungagung Batu Blitar Madiun Yogyakarta Bantul Gunung Kidul Wonosari Wates Sleman Bali Badung Bangli Singaraja Gianyar Negara Karangasem Klungkung Tabanan Denpasar Nusa Tenggara Barat Bima Dompu Lombok Mataram Praya Sumbawa Besar Nusa Tenggara Timur Ende Larantuka Kupang Manggarai Ruteng Borong Seba Maumere Tambolaka Timor Tengah Soe Kefamenanu Kupang Kalimantan Ketapang Pontianak Singkawang Paringin Banjar Martapura Barito Kuala Marabahan Hulu Sungai Kotabaru Batulicin Tapin Rantau Banjarbaru Banjarmasin Barito Kapuas Sampit Palangka Raya Berau, Kutai Tenggarong Sangatta Malinau Nunukan Paser Tana Tidung Balikpapan Bontang Samarinda Tarakan Sulawesi Gorontalo Marisa Bone Bolango Gowa Kepulauan Selayar Luwu Pangkajene Tana Toraja Makassar Palopo Parepare Rumbia Buton Bau-Bau Konawe Muna Wakatobi Kendari Banggai Donggala Morowali Poso Toli-Toli Palu Bolaang Sangihe Minahasa Bitung Kotamobagu Manado Tomohon Mamasa Mamuju Mamuju Maluku Kepulauan Aru Saumlaki Ambon Tual Halmahera Weda Labuha Ternate Tidore Papua Asmat Biak Kigamani Intan Jaya Jayapura Sentani Jayawijaya, Wamena Serui Merauke Mimika Timika Nabire Pegunungan Bintang Puncak Jaya Kotamulia Sarmi Botawa Jayapura Manokwari Soron Teluk Bintuni Wondama Sorong Solo Jogja Surabaya Bali Jember Madiun Kediri Semarang Bandung Mojokerto Sidoarjo Banyuwangi Blitar